Monday, February 13, 2017

Unlock Bootloader (UBL) Pada Xiaomi Redmi Note 3 Pro 3/32GB (Kenzo)

Apa itu Bootloader ?
Bootloader adalah sebuah kode yang harus dieksekusi sebelum Sistem Operasi (OS) mulai berjalan. Konsep bootloader bersifat universal untuk hampir semua jenis OS yang sistemnya tertanam di PC, laptop, smartphone atau jenis perangkat yang lain. Pada dasarnya, bootloader adalah paket petunjuk untuk booting kernel sistem operasi dan kebanyakan dari mereka memiliki debugging atau lingkungan modifikasi sendiri-sendiri.
Apa Kekurangan Unlock Bootloader ?
– Garansi secara otmatis hilang
ini beralaku untuk smartphone xiaomi yang sudah masuk resmi kenegaranya (contoh di indonesia xiaomi redmi note 3 2/16GB). Untuk yang menggunakan garansi distributor seperti gua, gua rasa gaperlu masalahin tentang garansi toh garansi smartphone kita aja gajelas gimana cara klaimnya hahaha
Apa Kelebihan Unlock Bootloader ?
– Smartphone dapat di Root
Pada dasarnya semua smartphone berbasis android dapat diroot, Hanya saja jika bootloader dikunci maka smartphone tersebut tidak dapat melakukan rooting karena faktor keamanan.
– Dapat melakukan flashing ROM
Untuk kamu yang ingin mencoba-coba/sering ganti ROM agar bisa mendapatkan performa maksimal pada smartphonenya, atau alasan tertenu lainnya seperti ingin upgrade atau downgrade ROM bisa kamu lakukan setelah melakukan Unlock Bootloader.
– Dapat memasang custom recovery (TWRP)
Untuk kamu yang hobi utak atik android memasang custom recovery adalah hal yang wajib kamu lakukan.
Apa saja yang diperlukan untuk Unlock Bootloader ?
Terartik dan ingin melakukan unlock bootlaoder pada smartphone xiaomi redmi note 3 pronya ? siapin dulu jamu-jamu yang dibutuhkan.
  • PC dengan sistem operasi windows (gua pake windows 10 64bit)
  • Xiaomi Redmi Note 3 Snapdragon 650 3/32GB
  • ROM DEV Global atau China Xiaomi Redmi Note Pro (Gua pake Rom Dev Global)
  • Mi Flash Unlock Tool Offcial
  • Dukungan perangkat (Kabel USB original, Baterai terisi penuh, Android dalam keadaan normal)
  • Memiliki Mi Account
  • Koneksi Internet

Tutorial Cara Unlock Bootloader (UBL) Pada Xiaomi Redmi Note 3 Pro 3/32GB (Kenzo)


Agar smartphone xiaomi dapat di Unlock Bootloadernya kita harus mengajukan permohonan terlebih dahulu di halaman http://en.miui.com/unlock. Gua saranin sih pake browser google chrome biar ada fitur translate webpage, karena halaman diatas akan menggunakan bahasa china.


Udah dihalaman http://en.miui.com/unlock ? klik tombol Unlock Now, nanti akan disuruh login, login pake MI Account kalian masing masing. Setelah login nanti akan diarahkan ke halaman seperti ini, silahkan isi sesuai dengan yang diminta dalam bahasa inggris atau china. Baca juga resiko yang akan diterima setelah Unlock Bootloader disamping halamannya.

Untuk alasan kenapa ingin unlock bootloader silahkan isi dengan alasan kalian, waktu itu kalau gasalah gua ngisinya “Karena saya ingin” ya semacam itulah. setelah melakukan pengisian maka kita akan disuruh melakukan verifikasi nomer kita.


Jika berhasil maka akan muncul pesan “Application has been successfully submitted, please be patient review”. Setelah itu silahkan tunggu paling lama 30hari dan paling sebentar 10hari (informasi dari forum), pokonya sampai kita mendapatkan SMS bahwa permohonan telah disetujui. Gua pribadi sih waktu itu kurang dari 3 hari udah dapet SMS dari xiaomi yang katanya permohonan telah disetujui.


Udah dapet SMS kaya diatas dari xiaomi ? saatnya masuk kedalam tahap selanjutnya. Buat yang belum dapet silahkan tunggu dulu jangan dulu ikutin step step dibawah ini ya hahaha.
Setelah mendapatkan SMS silahkan buka http://en.miui.com/unlock lagi, nanti akan redirect ke halaman http://en.miui.com/unlock/download_en.html. DIhalaman tersebut tekan tombol Download Mi Unlock untuk mengunduh alat yang akan kita gunakan dalam proses UBL.


Setelah didownload, ekstrak kedalam komputer kalian dan buka program bernama “MiFlashUnlock.exe” dari hasil ekstrakan tadi.Setelah itu kita akan disuruh login, login seperti biasa menggunakan MI acccount kalian masing masing.


Setelah itu klik tombol sign ini, dan Mi Unlock akan melakukan pengecekan “izin” terdahap mi account kita. Setelah pengecekan berjalan maka mi unlock akan tampil sperti ini.


Setelah itu matikan Xiaomi Redmi Note 3 Pro, lalu masuk kedalam mode fastboot (tahan vol down + power hingga muncul gambar mi bunny sedang “mengoprek” android). Setelah masuk dalam mode fastboot sambungkan smartphone dengan komputer menggunakan Kabel USB original.
Setelah disambungkan maka Mi Unlock akan menampilkan status Phone Connected, Kalau sudah dalam status Phone Connected silahkan langsung klik tombol “Unlock” dan tunggu hingga proses selesai.


Stuck di 50% saat dalam proses unlock bootloader ?


maslaah saat melakukan proses Unlock Bootloader ini, masalahnya adalah saat melakukan proses Unlock malah stuck di 50% dengan pesan “Couldn’t verify device – Current account is different from the account info on the device” . Bergembiralah bagi kalian yang sudah berhasil tanpa ada masalah saat melakukan proses Unlock Bootloader,.
Setelah baca forum mi sana sini, gua tau bahwa penyebabnya adalah Xiaomi Redmi Note 3 Pro yang gua pake tidak menggunakan ROM Developer. Akhirnya gua coba flash ke Rom Dev   v6.7.21 lewat updater tapi gagal, setelah baca baca lagi ternyata Flash via updater hanya untuk ROM versi terbaru. Jadi gua coba flash lagi ke ROM Dev v6.8.18 (yang saat gua flash versi ROM tersebut adalah versi terbaru).
Setelah berhasil flash ke ROM Dev v6.8.18  via udpater, gua coba deh Unlock Bootloader pake cara diatas, dan berhasil. Jadi untuk yang mengalami masalah stuck di 50% bisa coba download ROM dev terabaru di official website xiaomi (http://en.miui.com/download-301.html).

Untuk mendownload ROM Dev (XIaomi Redmi Note 3 Snapdragon 650) pastikan sebagai berikut :


Bagaimana cara mengganti dari ROM Global Stable ke Rom Dev Global via Updater?
Barusan sempet gua singgung bahwa agar proses UBL lancar tanpa kendala kita harus pasang ROM Developer pada kenzo yang akan kita UBL. Karena kita belum pasang TWRP jadi gamungkin kalau kita flash ROM Dev lewat TWRP toh Bootloadernya aja belum ke unlock hahaha.
Jadi kita akan menggunakan cara flash manual via updater. Sebelumnya udah gua bilang diatas kalau mau flash ROM via updater harus ROM versi terbaru, silahkan download dulu di http://en.miui.com/download-301.html (Jangan lupa perhatiin Gambar diatas).
Setelah selesai di download masukan hasil downloadan tersebut ke Kenzo baik di Internal ataupun di Eksternal. Masuk kedalam aplikasi updater pada Kenzo, lalu klik “icon 3 titik” diatas kanan.


Pilih “choose update package” dan cari ROM Developer hasil downloadan sebelumnya. Jika sudah tunggu hingga proses update selesai dan kenzo akan otomatis restart.
Bagaimana cara cek status Bootloader pada Xiaomi Redmi Note 3 Pro ?
Udah ngikutin tutorial diatas dan berhasil ? untuk pembuktian gaada salahnya kita cek dan lihat sendiri apakah kenzo kita sudah unlock atau belum, cara ceknya simple kok hanya dengan cara berikut :
  • Masuk kedalam mode fastboot (Tahan Vol Down + Power).
  • Sambungkan kenzo dengan komputer menggunakan kabel USB original.
  • Buka folder Mi Flash Unlock hasil ekstrak sebelumnya.
  • Pastikan ada fastboot.exe disana.
  • Dalam folder hasil ekstrakan pencet Shift+ Klik Kanan pada mouse, pilih open command window here.
  • ketikan perintah “fastboot oem device-info” tanpa tanda petik, lalu enter

*Perhatikan pada baris Device Unlocked jika typenya true maka kenzo dalam status unlocked, begitupun sebaliknya jika false maka statusnya locked/terkunci.


Catatan :
– Tutorial ini udah gua praktekin secara pribadi di Xiaomi Redmi Note 3 Pro (Snapdragon 650 3/32GB) yang gua punya, jadi tutotial ini tidak ada unsur penipuan yang merugikan orang lain secara sengaja.
– Gua gabertanggung jawab jika terjadi apa-apa pada smartphonenya, tapi gua akan coba bantu menyelesaikan masalahnya.  Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan ketik ke kolom komentar ya.

– Setelah UBL harap tidak melakukan update ROM melalui updater karena “katanya” jika di update via updater Bootloader akan ke lock kembali seperti semula. 

No comments:

Post a Comment